01 November 2010

BATA RINGAN - HEBEL

Setiap orang mempunyai impian mengenai tempat tinggal, tetapi terkadang tidak semua orang dapat mewujudkan tempat tinggal yang diinginkan, ada beberapa faktor yang menyebabkan impian tersebut tidak terlaksana. Faktor tersebut itu ialah faktor keungan dan faktor lingkungan rumah.

Keuangan dan lingkungan rumah yang dimaksud adalah keterbatasan dana untuk mewujudkan ruang yang diimpikan karena dengan kondisi harga material saat ini untuk membangun rumah dengan spesifikasi teknis yang benar 1 m2 bangunan bisa mencapai 2 juta, tetapi adakalahnya untuk membangun ruangan impian bukan terkendala oleh dana melainkan kondisi lingkungan rumah yang sangat sulit untuk dikembangkan, misalkan untuk meningkat rumah yang sedang ditempati, karena meningkat rumah dengan menggunakan material bangunan yang biasa (konvensional) sangat tidak memungkinkan rumah yang sedang dikerjakan bisa ditempati, karena ruang yang berada dibawah akan dipenuhi oleh tiang tiang untuk menyangga begesting cor lantai diatasnya, sedangkan pelepasan tiang atau begesting untuk beton memerlukan waktu mencapai umur beton 21 hari atau bilah menggunakan obat untuk mempercepat umur beton waktu yang dibutuhkan 7 hari, sehingga rata rata waktu yang dibutuhkan untuk meningkat rumah paling cepat 60 hari, Terkadang dengan timbulnya permasalahan tersebut pemilik rumah akhirnya mengurungkan niat untuk meningkat rumah.
            Dengan berkembangnya teknologi bahan bangunan permasalahan tersebut dapat di atasi dengan cara penggunaan bahan alternatif diantaranya yaitu dengan menggunakan plat beton produksi dari hebel
            Hebel tidak saja memproduksi panel beton untuk lantai, ada juga blok untuk dinding. Tetapi sayangnya produk produk hebel saat ini masih kurang familiar dimasyarakat, dan tidak semua toko material menjual produk dari hebel, kalaupun ada toko material yang memajang produk hebel kalau kita bertanya, terkadang jawabannya tidak memuaskan, hal tersebut dapat dimaklumi, karena penjaga dari toko material tersebut bukan dari penyalur resmi hebel, karena kurang familiar sehingga banyak yang ragu menggunakan produk dari hebel, keraguan bukan dari kwalitas, tetapi membayangkan bahwa pengerjaannya sulit, saya yakin bila produk dari hebel ini kalau masyarakat sudah mengetahui, akan banyak masyarakat beralih dari penggunaan bahan bangunan kovensional ke bahan produk dari hebel karena banyak keunggulannya.

KEUNGGULAN HEBEL
Kuat
Proses aerasi yang homogen dan terkendali secara komputerisasi menghasilkan beton ringan dengan kuat tekan yang paling tinggi namun paling ringan di kelasnya. Produk Hebel dapat digunakan sebagai sistem Struktur Dinding Pemikul (Load Bearing Wall)
Ringan
Dengan struktur homogen (tanpa rongga vertikal dan horizontal di dalammya) dan berat 1/5 beton biasa, produk Hebel dapat mengurangi resiko gempa. Penanganan dan proses transportasi lebih ringan, pekerjaan menjadi lebih mudah meski dengan peralatan sederhana, juga mengurangi keletihan pekerja.
Ekonomis
Material sisa (waste material) yang rendah, kepastian penggunaan material pelengkap semen instan Prime Mortar, dan kekuatan struktur yang terukur, dapat meringankan biaya konstruksi dan biaya operasional bangunan pada saat digunakan.
Ukuran akurat
Standar proses produksi DIN (Deutsch Industrie Norm) dan cara pemotongan ‘flat-cake’ yang merupakan satu-satunya di dunia industri beton ringan, memastikan semua produk mempunyai ukuran yang presisi dengan ‘rejected-rate’ terendah.
Kedap suara
Massa yang rendah mengakibatkan energi bunyi yang memantul dan merayap di permukaan beton ringan Hebel tidak diteruskan dengan baik. Sehingga dinding dapat meredam kebisingan dan kenyamanan penghuni terjaga.
Tahan lama
Dengan ciri yang kuat dan tahan terhadap perubahan cuaca maka menjadikan produk Hebel, stabil dan awet.
Tahan panas dan api
Sebagai anorganik tahan api, produk ini sesuai untuk aplikasi ruang tangga darurat, cerobong ventilasi dan koridor lift. Produk Hebel meningkatkan perlindungan terhadap bahaya kebakaran. Sifat insulasi panas pun mengurangi tingkat kenaikan suhu yang menyebabkan ruangan menjadi lebih sejuk.
Hemat energi
Gelembung-gelembung udara yang terkandung menjadikan bahan ini memiliki sifat insulasi panas yang baik, sehingga dapat memberikan kenyamanan dan lingkungan yang sehat, penghematan energi dan pemakaian AC.
Mudah pengerjaannya
Bobot yang ringan dan kuat menjadikan produk Hebel mudah digergaji, dibor, dibentuk dan dikerjakan hanya dengan menggunakan peralatan kayu biasa.
Ramah lingkungan
Produk Hebel tidak mengandung bahan-bahan yang beracun maupun berbahaya. Material yang digunakan tidak dapat dijadikan tempat tinggal bagi kutu atau serangga dan hewan sejenis lainnya.

SPESIFIKASI
Bangunan rumah tinggal, gedung komersial, dan bangunan industri.eton ringan dan kuat pengganti batu bata. Memberikan keakuratan, kekuatan, ekonomis, kemudahan dan kecepatan pemasangan, serta kerapian dalam membangun.

Panjang (l) (mm)
600

Tinggi (h) (mm)
200

Tebal (t) (mm)
75; 100; 125; 150; 175; 200

Berat jenis kering P (kg/m3)
500

Berat jenis kering P (kg/m3)
575

Kuat tekan (N/mm2)
≥ 4,0

Konduktivitas Termis λ (W/mK)
0,16

Dimensi per palet (m)
1,00 x 1,20x 1,93

Tebal
mm
75
100
125
150
175
200
Volume / palet
m3
1,80
1,80
1,80
1,80
1,68
1,68
Jumlah Blok / palet
blok
200
150
120
100
80
70
Luas dinding /m3
m2
13,33
10,00
8,00
6,67
5,71
5,00
Berat/ palet (termasuk palet)
kg
1.059
1.059
1.059
1,265
990
990
Jumlah blok / m3
blok
111,11
83,33
66,67
55,56
47,62
41,67


CIRI CIRI HEBEL
·         Ukuran akurat
·         Bentuk lurus, tidak lengkung
·         Sudut-sudut blok siku
·         Permukaaan lebih halus dan rapat
·         Tiga sisi tepi blok tidak bersisik/rata (sisi atas, bawah, depan)
·         Warna putih merata
·         Berat per blok lebih ringan
·         Mengapung bila diletakkan di air

Tidak ada komentar:

Posting Komentar